Penderitaan Korban Lumpur Lapindo

Lumpur Lapindo
sumber foto: http://www.metrotvnews.com

Kita semua tau pada tanggal 29 Mei 2006 telah terjadi suatu bencana yang disinyalir penyebabnya adalah kesalahan dalam pengeboran. Bencana itu yaitu banjir lumpur panas sidoarjo atau lebih dikenal sebagai bencana Lumpur Lapindo, adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc di Dusun Balongnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak tanggal 29 Mei 2006. Semburan lumpur panas selama beberapa bulan ini menyebabkan tergenangnya kawasan permukiman, pertanian, dan perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya, serta memengaruhi aktivitas perekonomian di Jawa Tim.

Sudah 6 tahun warga Sidoarjo dan sekitarnya menjalani perderitaan ini. Setidaknya 16 desa di tiga kecamatan telah terendam lumpur itu. Rumah dan lahan untuk mereka mencari makan terendam Lumpur. Bisa kita bayangkan bagaimana penderitaan mereka hingga saat ini

Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang làin. Dapat pu1a suatu  penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.

Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dińnya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negatif. Sikap negatif misalnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri.

Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari pendeńtaan, dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan. Sikap positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah.

Sikap positif sangat diperlukan untuk menyelesaikan bencana tersebut. Berbagai upaya sudah lakukan karena masih terus adanya sikap positif (optimis) dari orang-orang yang kompeten dalam bidang tersebut untuk menyelesaikan bencana itu. Kita semua berharap bencana ini dapat ditanggulangi secepatnya supaya para korban dapat lepas dari penderitaan tersebut. Tetap semangat!!

 

Sumber:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s